[Review Buku] Blind Willow, Sleeping Woman: Kumpulan Cerita Pendek Haruki Murakami

Processed with VSCO

Murakami telah bersilih ganti menulis novel dan cerita pendek sejak debutnya menjadi penulis fiksi pada 1979. Fase-nya selalu seperti ini: ketika ia telah selesai menulis novel, ia menemukan dirinya ingin menulis cerita pendek. Ketika cerita pendek selesai ia tulis, ia menemukan dirinya ingin menulis novel.

Keinginannya untuk menulis cerita pendek tumbuh setelah ia menulis dua novel pendek: Hear the Wind Sing and Pinball dan 1973. Di antara 1980 hingga 1981 ia menulis tiga cerita pendek pertamanya. A Slow Boat to China, A ‘Poor Aunt’ Story, dan New York Mining Disaster. Dua judul terakhir terdapat di buku keluaran 2006 ini.

The short story is a kind of experimental laboratory for me as a novelist,” tulis Murakami di Introduction buku yang mendapat rating 3.83 di Goodreads.

***

Tak berbeda dengan Kafka on the Shore (review di sini), gaya penulisan Murakami yang surealis menimbulkan rasa ganjal. Ada bagian logika yang menolak ketidak-masuk-akalan cerita Murakami. Misalnya pada cerita The Rise and Fall of Sharpie Cake. Bagaimana sebuah burung dapat berteriak, “Sharpies?

Meskipun terkadang perasaan kembali menolak untuk menerima cerita surealis, paragraf demi paragraf saya halap dengan memerhatikan detail Murakami saat menulis. Saya yakin itu menjadi senjata utama agar pembacanya dapat terjun jauh ke dalam rangkaian kata-katanya sehingga bukan alur cerita yang dicari tetapi sensasinya.

***

Plot-twist pada cerita pendek Murakami menjadi harapan saya karena alur cerita Kafka on the Shore, yang berhasil saya selesaikan dalam 2 bulan. Buku ini saya selesaikan hampir 4 bulan. Bukan karena buruknya alur cerita yang ia tulis, atau sulitnya vocabulary yang saya temukan sehingga butuh memakan waktu yang lama. Tetapi, karena minimnya keinginan saya untuk melanjutkan cerita demi cerita.

Jika membaca Kafka on the Shore (novel) muncul keinginan yang besar untuk menyelesaikannya dengan segera karena chapter demi chapter yang berkaitan, membaca Blind Willow, Sleeping Woman (cerita pendek) butuh kesabaran untuk memulai alur cerita dan menemukan tokoh yang baru untuk diingat. Karena beberapa cerita pendek yang disajikannya saya kurang ingat bahkan cenderung terlupakan karena plot yang kurang menarik.

A Perfect Day for Kangaroos, The Year of Spaghetti, The Ice Man, dan The Kidney-Shaped Stone That Moves Every Day, menjadi pilihan terbaik saya dari 24 cerita pendek yang Murakami sajikan.

Nilai 3 dari 5 menjadi pilihan saya mengingat kurang banyaknya cerita pendek yang berbekas dalam pikiran saya. Hanya 4 dari 24 cerita pendek. Tetapi secara rata-rata buku ini wajib untuk dibaca penggemar dan penulis cerita pendek. Karena bagi saya pribadi, saya dapat belajar bagaimana membuat sebuah alur cerita pendek dengan maupun tanpa plot twist.

Buku berbahasa Inggris setebal 362 halaman ini dapat dibeli di toko buku Books & Beyond atau Kinokuniya dengan harga $16.00 atau kisaran Rp220.000.

Berikut kutipan pilihan saya pada buku ini:

  • You can never change things back to the way they were. –Page 237
  • Death is not the opposite of life, but a part of it. –Page 237
  • Everyone is looking for something from someone. –Page 240
  • “There are only three ways to get along with a girl: one, shut up and listen to what she has to say; two, tell her you like what she’s wearing; and three, treat her to really good food. Easy, huh? If you do all that and still don’t get the results you want, better give up.” –Page 289.
  • “Sometimes we don’t need words,” –Page 305
  • “You will probably become involved with many women in the future, but you will be wasting your time if a woman is the wrong one for you.” –Page 312.
  • Everything in the world has its reasons for doing what it does. –Page 325.

Leave a Reply

