Iba Hati

Iba hati. Melihat seseorang bersembayang di tempat suci, walau tak bisa jalan. Sesaat kami masih mengeluh. Malu rasanya akan diri yang masih berkeluh resah untuk berjalan menuju tempat ibadah. Sedangkan orang itu, yang hanya bisa duduk saja, ikhlas. Sesaat tampak tersenyum. Apa yang disenyumi?

Iba hati. Melihat anak muda, berjalan dengan sedikit membungkuk, memikul karung putih yang terlihat berat. Menyapa setiap tempat sampah. Terlihat seperti mencari emas. Lantas orang itu berharap menemukan sebuah emas. Yang akan dijualnya. Sehingga ia tak memikul karung putih lagi. Melainkan tas ber-password tiga. Dengan setelan jas ala James Bond, bukan pakaian kumuh lagi.

Iba hati. Melihat orang lain dijalanan membuka kedua tangannya sambil berlirih kecil untuk diberi. Sesaat kami masih mengeluh. Karena harta yang tak senada dengan kemauan.

Iba hati. Ketika melihat seseorang mengambil makanannya (kembali) dari tanah, yang mana makanan tersebut dibuatnya untuk berbuka puasa. Sesaat kami masih mengeluh. Karena hidangan yang kurang lengkap, rasanya.

Iba hati. Melihat orang lain dengan lelapnya menutup mata, dipinggir jalan. Beralaskan kardus bekas indomie. Sesaat kami masih mengeluh. Tak bisa tertidur pulas, padahal beralaskan tempat tidur yang pas.

Iba hati. Melihat saudara kami di daerah sana, belajar dengan fasilitas yang seadanya. Seperti belajar di kelas yang mewah, terlihatnya. Sesaat kami masih mengeluh. Karena bingung akan sekolah dimana. Padahal tinggal pilih saja tak ada sulitnya.

Iba hati. Melihat orang yang sudah mati hati. Yang tak pernah merasakan rasa kasihan. Yang tak pernah merasakan belas kasih. Sesaat kami masih mengeluh. Padahal mempunyai salah satu rasa hati.

Yang bila disapa, “Siapa namamu?”
“Iba hati.” jawabnya malu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s