#15 Segala Salah Kaprah dan Sudut Pandang

Salah. Atas semua presepsi yang kebanyakan orang miliki, bahwa banyak yang mengartikan sesuatu dengan sesuatu yang diucap. Kali ini saya akan mencoba menulis semua tentang segala kaprahan yang mungkin bisa dijadikan sudut pandang baru bagi pembaca, jika berkenan.

Salah kaprah mungkin sudah menjadi hal yang biasa. Dan sudah menjadi budaya (mungkin) bagi kebanyakan orang. Karena apa? Karena mereka hanya melihat dari satu sudut pandang bahwa nilai tersebut adalah salah. Jika kita perhatikan lebih baik lagi, bahwa semua sesuatu adalah baik. Hanya saja, kebanyakan dari kita menganggap bahwa itu salah, salah, dan salah. Beranggapan lah bahwa sesuatu tersebut tidak baik.

Salah kaprah, mungkin bagi kebanyakan orang biasa. Tetapi, bagi orang yang senang berpikir, salah kaprah bisa menjadi kekeliruan publik dan (mungkin) berbahaya. Yang harusnya sudut pandang nya adalah baik, tetapi menjadi tidak baik. Itu yang harus diantisipasi.

Contoh nya seperti ini, kebanyakan dari kita, bahkan hampir semua, terlalu terpaku dengan penyampaian seseorang dibandingkan dengan maksud orang tersebut. Misal, pada suatu ketika, saya sedang tidur dengan lelap, lalu kakak saya menggedor-gedor pintu saya agar saya sholat subuh. Disini, kebanyakan dari kita menggaris bawahi bahwa menggedor-gedor pintu adalah hal yang sangat tidak masuk akal untuk orang yang sedang tidur dan sangat membuat geram. Istilahnya, ngajak berantem. Disini yang harus digaris bawahi adalah, maksud dari menggedor-gedor pintu tersebut. Adalah agar saya sholat subuh dan tidak kesiangan. Maksudnya baik kan? Kebanyakan dari kita salah disini, bahwa apa yang disampaikan lebih dimasukkan kedalam pikiran dibandingkan dengan apa yang dimaksud.

Sulit memang rasanya, jika pada suatu ketika ada seseorang, apakah itu teman, orang yang tidak kenal, atau siapalah. Mereka menanyakan kepada kita sesuatu dengan nada yang cukup tinggi, yang bagi sebagian orang menganggap bahwa itu adalah tidak sopan dan seperti mengajak berantem. Lagi, yang harus digaris bawahi adalah maksud dari ucapan tersebut. Ada baiknya, segala sesuatu yang disampaikan orang dipikirkan terlebih dahulu dengan akal sehat, apa maksudnya.

Bicara lagi soal salah kaprah, disini saya mencoba belajar melihat sudut pandang baru. Kenapa? Karena tidak semua hal yang kebanyakan dari kita lihat adalah sesuatu yang tidak baik, dan bisa jadi sangat baik bagi seseorang yang lain. Salah satu contohnya adalah seperti ini.

Salah satu hal yang mungkin kebanyakan dari kita melihat sesuatu hal itu tidak baik adalah, pekerjaan model. Ya, mungkin dalam sudut pandang besar adalah pekerjaan yang semena-mena, bitchy, terlalu vulgar, atau apalah yang bermunculan disetiap pikiran orang. Tetapi disini kita hanya melihat pekerjaan tersebut dengan sudut pandang kita sendiri. Cobalah untuk melihat sudut pandang dari orang yang menjadi model tersebut. Salah satu teman saya, adalah ‘calon’ model. Ya, dia sudah menjadi cover beberapa majalah. Sampai pada suatu ketika, saya menanyakan hal yang mungkin tidak lazim untuk ditanyakan. Disini saya mendapatkan sudut pandang baru bahwa dia sebagai model sangatlah baik hatinya. Kenapa? Dia bilang, sebagian dari hasil berkerja sebagai model tersebut, dia sisihkan untuk ibunya. Sungguh suatu sikap yang mulia mengingat bahwa pekerjaan model tersebut dilihat tidak baik bagi banyak sudut pandang orang, tetapi sangatlah mulia bagi dia yang berkerja.

Dalam tulisan ini, yang saya tekankan adalah bagaimana kita melihat seseorang dengan sudut pandang baru. Bahwa, apa yang saya telah sebutkan yaitu, segala sesuatu yang tidak baik bagi kebanyakan orang belum tentu memang tidak baik. Karena dengan sudut pandang baru, kita bisa menafsirkan bagaimana ‘rasanya’ menjadi seseorang.

Ada suatu kutipan, bahwa berdekatlah dengan orang yang dibenci atau tidak disukai. Karena dengan kita didekatnya, kita akan menemukan sudut pandang baru.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s