#13 Tahun lama, dan tahun baru

Well, kita semua dipenghujung tahun sekarang. 31 Desember 2012. Yang dilakukan pasti mengingat apa yang udah dilakukan selama 1 tahun dan membuat target pada tahun selanjutnya. Selalu begitu disetiap tahun.

Kali ini saya hanya ingin me-review 1 tahun belakangan ini. Pasti nya, terlalu banyak hal yang kita lakuin, sehingga membuat lupa apa aja yang udah pernah dilakukan.

Nggak sedikit orang yang lupa akan suatu hal yang membekas didalam benak nya. Didalam hati tepatnya. Termasuk saya. Dan suatu hal tersebut nggak akan pernah bisa lepas dari pikiran dan hati. Dalam kata lain, luka. Yang membekas dan susah untuk menghilang. Bahkan tak bisa menghilang. Seakan-akan terus membayangi pikiran dan hati, walaupun rasanya tak mau diingat. Pasti ada suatu hal yang selalu membuat mengingat kejadian atau hal tersebut.

Kejadian atau hal apakah itu? Semua orang punya pandangan tersendiri. Entah itu tentang cinta, karir, prestasi, persahabatan, dan masih banyak lagi. Yang jelas satu. Apa yang udah terjadi nggak bakalan bisa kembali. Nggak bakalan bisa dirubah jalan cerita nya. Ibarat kata udah jatoh, luka pula, dan mau ngilangin luka tersebut. Mungkinkah? Tidak.

Termasuk saya. Terlalu banyak hal yang sangat membekas dipikiran. Entah itu tiba-tiba melintas dan saya tiba-tiba jadi merenung, diam, berpikir. Saya mencoba selalu berpikir, bahwa apa yang saya lakukan dahulu, adalah hasil saya sekarang. Saya nggak bakalan ada tanpa sejarah. Entah sejarah itu baik ataupun buruk. Yang jelas, patut disyukuri semua nya. Karena memang sudah ada jalan nya.

Hampir semua orang gentar-gentar nya membuat target pada tahun selanjutnya. Padahal mereka lupa. Akan target yang belum terselesaikan pada tahun sebelumnya. Akhirnya menjadi beban pikir, dan ending nya bisa ketebak. Stress.

Yang saya lihat target-target nya pun seakan terlihat sementara, semu, dan tak berujung. Saya pun berpikir, kenapa target nya nggak dari diri sendiri dulu? Ya, termasuk saya. Yang kadang melupakan diri sendiri demi kepentingan orang lain. Demi kepentingan orang tua. Karena sedikit yang sadar, bahwa kita hidup atas nama kita sendiri.

Kita berhak menentukan kemana arah yang kita tuju. Dengan kata lain, mereka hanya menuntun. Mereka hanya GPS. Yang berhak menentukan? Kita sendiri.

Yang namanya target atau rencana, pasti selalu indah. Indah dipikirkan. Indah dibayangkan. Indah jika direalisasikan? Belum tentu. Banyak orang yang masih mau instant. Tanpa adanya pengorbanan. Termasuk saya, masih mau yang cuma-cuma. Tanpa adanya pengorbanan.

2012, tahun yang indah, penuh kenangan, penuh kegembiraan. Tapi nggak semua nya beranggapan seperti itu. Masih adakah ruang dipikiran kita terhadap mereka yang keadilan nya diambil? Yang hak nya diambil? Yang hidup tak layak? Lantas kita hanya berdiam diri dan tak membantu. Seakan semua hal berjalan baik-baik saja. Miris.

Saya bersyukur, sangat bersyukur. Atas semua yang diberikan Nya, dalam satu tahun belakangan ini. Walau sekalipun itu sesuatu yang buruk. Saya belajar banyak hal, yang mungkin sebenarnya tak harus saya pelajari pada umur 17 tahun ini. Sesuatu yang diberikan Nya pasti ada tujuannya. Itu pasti. Tugas kita? Mencari apa tujuan yang telah diberikan Nya kepada kita. Sehingga kita tak kehilangan arah.

Lantas apa yang harus kita lakukan ditahun selanjutnya? Saya rasa ada beberapa point yang harus dilakukan. Pertama, selesaikan target ditahun sebelumnya. Kedua, be happier than before. Ketiga, cobalah belajar membaca tujuan dari sebuah kejadian. Keempat, jika target tahun sebelumnya sudah selesai, buatlah target baru. Kelima, berbagilah kesenangan terhadap keluarga, teman, semua orang, dan termasuk orang-orang yang diambil hak nya, diambil keadilan nya, dan hidup tak layak.

Pada akhirnya akan selalu, tahun selanjutnya lebih terkenang dari tahun sebelumnya. InsyaAllah, semua akan pada tempatnya ditahun selanjutnya.

 

Sementara pemerintah masih bermain dengan uangnya,
Sementara anak jalanan meronta akan hak nya.

Sementara kita terlalu acuh terhadap diri kita,
Sementara mereka meminta rasa bahagia..

Leave a Reply

