#11 Pendapat

Tanpa ada angin apapun, tiba-tiba lewat dalam pikiran.

Pendapat itu berbeda-beda. Iya. Pendapat itu bermacam-macam. Pendapat itu freedom. Pendapat itu kebebasan atas segala hal yang nggak bisa ditahan. Pendapat itu kata. Kata yang bisa membuat orang tercengang. Pendapat itu ada. Ada disetiap otak orang masing-masing. Nggak ada. Bagi orang yang nggak punya otak. Yang nggak pernah merasakan keadilan.

Pendapat itu muncul, ketika seseorang merasakan hal yang tidak cocok pada dirinya. Pendapat itu datang begitu saja. Sama seperti menulis. Pendapat itu sulap. Tiba-tiba ada, tiba-tiba menghilang. Menghilang ke dalam lubuk otak terdalam. Pendapat itu tak terbatas. Hanya terbatas bila mana seseorang tidak menerima nya. Tidak menerima akan pendapat seseorang.

Setiap orang punya perbedaan. Perbedaan pendapat. Pendapat atas segala macam hal. Yang kalau ditumpahkan kedalam tulisan, mungkin tinta pulpen keburu habis. Atau tinta printer yang keburu kering?

Pendapat itu harus diterima. Diterima oleh seseorang. Dari seseorang, untuk seseorang. Pendapat itu hal yang menarik. Karena dari pendapat, seseorang bisa ketahuan characteristic nya.

Pendapat itu meledak-ledak. Sampai akhirnya seseorang bukan adu otak lagi. Tapi adu otot. Entah, apa yang dipikirkan mereka akan suatu hal yang normal. Normal bagi semua orang. Akan menyuarakan pikiran nya.

Namun, ada hal yang harus dicamkan atas semua nya.

Pendapat itu bebas. Satu hal yang harus diketahui. Pendapat itu, harus diterima orang. Tetapi pendapat itu, nggak harus disetujui. Pendapat itu nggak bisa dipaksa. Dipaksa akan kebenaran nya. Dipaksa akan persetujuan nya. Seseorang boleh suka dengan pendapat seseorang. Tapi tanpa ada pemaksaan. Karena pendapat bebas. Bebas layak nya awan.

Freedom. What’s on your mind?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s